Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMP menjadi salah satu Program studi yang mendapat akreditasi institusi peringkat B (Baik) dan yang pertama di Indonesia, Bidang Penalaran dan Pengembangan HMPS PGSD 2017-2018 berusaha untuk mengejar target dalam berbagai bidang, salah satunya adalah kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Terkait dengan hal tersebut, maka pada hari Sabtu 2 Oktober 2017 di ruang G21-G22 telah diselenggarakan “Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)” yang bertujuan untuk membangkitkan minat dan gairah mahasiswa untuk terlibat dalam Program Kreativitas Mahasiswa yang terus dipacu supaya semakin berkembang dan membuahkan manfaat bagi para mahasiswa maupun lembaga.

Sosialisasi kegiatan PKM 5 Bidang  ini mengundang  narasumber yang berasal dari Dosen PGSD yaitu Bapak Aji Heru Muslim M, Pd dan  Mahasiswa yang pernah lolos dalam Pimnas tahun sebelumnya yaitu Ibu Pri Anggun Novitasari. Dalam sosialisasi PKM 2017 ini, para mahasiswa dibekali dengan materi-materi yang terkait dengan PKM. Mereka diberikan gambaran mengenai beberapa jenis PKM yang ada dan penjelasannya. Dalam sosialiasinya Bpk. Aji Heru Muslim M, Pd menjelaskan bahwa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 yang merupakan integrasi dan sekaligus metamorfosis dari berbagai jenis kompetisi mahasiswa bidang penalaran atau karya ilmiah yang ada saat itu. PKM terdiri atas 2 kategori besar yaitu 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu

  • PKM-Penelitian (PKM-P)
  • PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  • PKM-Pengabdian kepada Masyarakat  (PKM-M)
  • PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
  • dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC).

Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu  PKM- Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM- Gagasan Tertulis (PKM-GT). Tapi mulai tahun 2016 PKM dikelola di bawah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Kegiatan Sosialisasi PKM ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa UMP mulai dari angkatan 2015-2017 yang memiliki minat dalam bidang penalaran dengan membuat program kreativitas mahasiswa. Selama ini minat dalam pembuatan PKM di UMP mulai terjadi kemunduran, maka untuk mengatasinya kami berusaha untuk menjembatani mahasiswa yang ingin tahu lebih dalam tentang PKM dengan adanya sosialisasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *