Sedikitnya 25 Perguruan Tinggi Se Indonesia tengah melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (IKMA PGSD) Se Indonesia. Setelah acara pembukaan selesai, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr., H., Syamsuhadi Irsyad M.H., berswafoto (selfie) bersama para peserta dan para tamu undangan yang hadir. Dalam acara tersebut Rektor memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta rapat kerja. “Saya sampaikan selamat datang kepada peserta rapat kerja nasional Ikatan Mahasiswa PGSD Se Indonesia, saya ingin menyapa coba yang saya panggil berdiri,” sapa Rektor dengan penuh semangat. Dalam sambutannya Syamsuhadi Irsyad mengatakan Posisi Indonesia masih berada di bawah sesama negara berkembang seperti Meksiko (39) dan Brazil (38). Rektor mengungkapkan, urutan teratas daftar Social Progress Index ini didominasi oleh negara-negara di kawasan Asia Timur seperti Korea Selatan dan Jepang.

“Hasil riset lain menyebutkan dari Data yang dirilis Tahun 2016 oleh lembaga The Social Progress Imperative,Indonesia harus puas menempati posisi terakhir di posisi 40 dari 40 negara yang disurvei dalam daftar peringkat sistem pendidikan Social Progress Index,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan, bahwa riset dilakukan dengan variabel yang digunakan dalam metodologi riset antara lain, tingkat melek huruf orang dewasa, jumlah penduduk yang masuk SD serta SMP, dan rentang masa bersekolah kaum perempuan di negara tersebut. “Berdasarkan riset diatas, faktor keberhasilan negara-negara menguasai peringkat atas di karenakan bahwa kepandaian dihasilkan dari usaha dan bukan semata faktor keturunan. Keberhasilan merumuskan tujuan dan hasil yang diinginkan dari proses pendidikan,” katanya. Rektor berharap, permasalahan harus di pecahkan dan di bahas dalam Rapat kerja Nasional Ikatan Mahasiswa PGSD Se Indonesia di UMP. “Saya berharap, forum ini bisa melahirkan dan menyegarkan perkembangan dunia pendidikan. Ada harapan besar akan rapat kerja Mahasiswa PGSD Se Indonesia,” pungkasnya. (tgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *